Manfaat Permainan Mandi Bola Untuk Anak dan Balita

Manfaat Permainan Mandi Bola Untuk Anak dan Balita

Siapa yang belum mengenal permaianan mandi bola? Permainan yang satu ini tentu sangat disukai oleh anak-anak maupun mereka yang masih di usia balita. Tidak heran apabila kebanyakan pusat perbelanjaan, tempat permainan anak, hingga pasar malam pun juga menyediakan permaianan tersebut. Terlebih ada banyak manfaat yang bisa diperoleh nantinya untuk anak.

Beberapa Manfaat Permainan Mandi Bola

Manfaat Permainan Mandi Bola Untuk Anak dan Balita

Pada dasarnya, bermain mandi bola tidak hanya dapat menyenangkan hati si kecil saja akan tetapi lebih dari itu. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh saat si kecil bermain mandi bola. Di bawah ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh tersebut:

  1. Dapat melatih motorik kasar pada anak

Motorik kasar pada anak nantinya juga akan terstimulasi yakni saat mereka melemparkan bola ataupun melakukan gerakan berenang di dalam bola-bola yang ada. Dengan melakukan permainan tersebut tentu saja semua anggota tubuh yang ada pada si kecil dapat bergerak secara aktif.

Dapat dikatakan bahwa manfaat ini layaknya seperti melakukan olahraga. Terlebih ketika si kecil melompat-lompat, berlarian, hingga menaiki tangga yang ada pada permainan tersebut. Tentu saja anggota tubuh mereka semuanya bekerja dengan baik.

  1. Dapat melatih motorik halus anak

Perlu Anda ketahui bahwa mandi bola dapat membantu melatih motorik halus pada anak. Hal tersebut terjadi karena anak harus mengambil bola kemudian memindahkannya dari tangan kanan ke tangan kiri ataupun sebaliknya. Pergerakan tangannya saat mengambil bola juga melatih penglihatan terhadap berbagai warna yang ada di depannya.

Oleh karena itu, saat Anda bepergian ke suatu tempat tidak ada salahnya untuk mengajak anak bermain mandi bola kemudian membiarkan mereka bermain-main dengan bola warna-warni tersebut. Biarkan ia mengambil dan meletakkan bola yang diinginkan.

  1. Dapat mengasah kepekaan sensoris

Tidak ada salahnya apabila ingin bermain bola di dalam rumah. Nantinya Anda bisa menyediakan si kecil berbagai macam bola dengan ukuran, bentuk, berat, serta tekstur yang berbeda-beda satu sama lainnya. Nantinya keberagaman jenis bola tersebut dapat membantu mengasah dan melatih kepekaan sensoris anak.

Dengan begitu, si kecil akan dengan mudah belajar mengenai kasar-halus, padat-kosong, berat-ringan, dan lain sebagainya. Tidak hanya sampai disitu saja, si kecil juga dapat belajar memperkuat otot lengan dan jari mereka saat memencet berbagai bola yang ada.

  1. Dapat dengan mudah bersosialisasi dengan anak lain

Saat bermain mandi bola di dalam kolam yang luas, tentu saja anak Anda tidak akan sendirian. Tentu terdapat juga anak-anak lain yang ikut bermain bola di area tersebut. Dari situlah si kecil bisa melakukan sosialisasi bahkan interaksi dengan teman seusianya yang baru saja ditemui.

Dengan begitu, mereka dapat lebih akrab saat bermain bersama di kolam bola. Hal itulah yang akan melatih si kecil agar lebih mudah bersosialisasi dengan anak-anak yang lainnya. Oleh karena itu, tidak perlu melarang anak-anak saat mereka mandi bola.

  1. Sebagai media pengenalan warna

Saat si kecil berada di kolam mandi bola tentu saja akan ada banyak warna dari bola tersebut. tidak jarang juga di dalamnya dicampur dengan spons berbentuk segi empat, balok, dan lain sebagainya. Dari situ, anak-anak dapat belajar membedakan dan mengenal warna-warna. Selain itu, mereka juga bisa mengenal berbagai bentuk yang ada.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui tentang permainan mandi bola. Saat ini tentu sangat mudah menemui permainan tersebut. Pastikan untuk mengajak si kecil mengasah kemampuan mereka di kolam bola. Akan tetapi, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu agar terhindari dari keberadaan kuman.